Laman

14 Juni 2012

PUBER KEDUA ( Renungan Pagi)
Ini Dikopi dari Status Buya Sulthon ...tanggal 9 Juni

Istilah “puber” berasal dari kata “pubes” yang artinya rambut yg tumbuh di sekitar kemaluan. Kondisi ini dialami oleh anak berusia belasan tahun, baik laki-laki maupun perempuan. Pada masa puber, anak gadis terjadi perobahan pada pinggul yang mulai melebar ke samping, mulai mengalami menstruasi pada usia 12 atau 13 tahun setiap bulan, tumbuhnya rambut di daerah ketiak dan area genital. Dada yang semakin membesar serta perasaan tertarik terhadap lawan jenis. Pada anak laki-laki masa puber akan ditandai dengan suara yang semakin nge-bass (membesar), tumbuhnya rambut di daerah ketiak dan kelamin, munculnya kumis dan janggut, munculnya jakun pada tenggorokan dan timbulnya perasaan tertarik pada lawan jenis. Mimpi basah yang merupakan ciri-ciri dari masa puber juga akan dialami pada anak laki-laki.

LALU BAGAIMANA DGN ORANG TUA..? Ada istilah PUBER KEDUA ..ini cocok bagi para orang tua yg berusia antara 40 s/d 50 tahun…. Gejala yang timbul pada pria saat memasuki puber kedua adalah : Puber kedua adalah tahapan dari seorang dewasa berpindah menjadi tua. Berbeda dengan masa puber pertama yang super berani, masa puber kedua justru menjadi masa-masa di mana seseorang dihinggapi rasa takut, yaitu takut menjadi tua, takut menjadi tidak menarik lagi, takut mati, takut tidak berguna lagi, takut tidak kuat lagi, dan sebagainya. Maka dalam tahapan ini kelakuan seorang dewasa tampak menjadi aneh, yaitu bertingkah seperti anak baru gede, baik dari segi penampilan maupun perilakunya, sebagai bayarannya (kompensasi) untuk menutupi ketakutannya itu. Sehingga merasa enggan tampil tua. Mereka mulai memperhatikan penampilannya maupun keindahan tubuhnya. Rambutnya disemir ala anak muda, bergaya gaul, memodifikasi mobilnya menjadi ceper, dan sebagainya.

Ciri2 Facebooker yg mengalami masa Puber Kedua :
~ Memposting segala sesuatu yg berkaitan dengan cinta, (Misal ..lagu2 cinta… puisi cinta… foto2 berkaitan dgn cinta .. pokoknya sifatnya yg sentimental)
~ Menampilkan foto2 diri dengan foto2 pilihan agar tampak dan cantik ataw ganteng
~ Terjadi perubahan sikap…. menjadi sentimental

Apakah puber kedua ini harus ditakuti… jawabnya “Tak Perlu Ditakuti” .. semua akan berlalu dengan sendirinya… tapi jangan sampai terlalu dituruti…. INGATLAH dgn USIA… karena separuh kaki sudah terbenam ditanah… dan sekarang sedang menunggu sisanya untuk benar2 masuk ketanah…

… ”SALAM”…

Tidak ada komentar: